Senin, 12 November 2012


DEFINISI SO=Sekumpulan program kontrol atau alat pengendali yang secara terpadu bertindak sebagai penghubung antara komputer dengan pemakainya. KATEGORI SO=1.single user-single tasking, 2.multi user-single tasking, 3.single user-multi tasking, 4.multi user-multi tasking. 

SEJARAH PERKEMBANGAN SO=1.Generasi Pertama (1945-1955)=Belum ada sistem operasi, sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung., 2.Generasi Kedua (1955-1965)=Komputer masa ini adalah batch processing system dan Sistem komputer belum dilengkapi SO, tetapi beberapa fungsi dasar SO telah ada. 3.Generasi Ketiga (1965-1980)=Sistem komputer masa ini ciri-cirinya adalah:Multiuser, Multiprogramming, Kemandirian alat (device independency), Berbagi waktu (time sharing), Spooling. 4.Generasi Keempat (1980-199x)=Sistem Operasi dikembangan untuk banyak mode, yaitu mendukung batch processing, timesharing dan realtime applications, Ditandai dengan berkembangnya dan
meningkatnya kemampuan komputer desktop dan teknologi jaringan. Jaringan TCP/IP telah mulai digunakan secaraluas. Ciri-cirinya :a. Real-time application, b. Network Operating System, c. Distributed Operating System,           d. Mesin semu (Virtual machine), e. Distribusi data.

KOMPONEN KOMPUTER=1.Hardware= menyediakan “basic computing resources” (CPU, memory, I/O devices). 2.Operating system=mengendalikan/mengkoordinasikan penggunaan hardware diantara berbagai aplikasi/program dari user. 3.Applications programs=menggunakan sistem resource yang digunakan untuk menyelesaikan masalah komputasi dari user (compilers, database systems, video games, business programs).4.Users=(people, machines, other computers).
STRUKTUR PENYIMPANA KOMPUTER = 1.www=salah satu layanan yang diperoleh pengguna computer yang terhubung dengan internet, contoh=http yang berjalan pada IP.2.url=alamat sebuah situs atau dokumen dari sumber lainnya di internet yang terdapat pada web.3.home page=istilah untu menyebut halaman pertama yang akan dilihat jika sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam www.4.hypertext=text yang dilengkapi dengan link atau tujuan.5.search engine=situs khusus di internet yang dirancang untuk membantu para pengguna internet untuk menemukan informasi yang tersimpan di halaman situs lain,contoh:google.com,yahoo.com.6.download=proses pengambilan file dari komputer lain melalui internet ke komputer kita.

FUNGSI UTAMA SO=
1. process manager=memelihara proses(creation,termination). 2.tread manager=creation, synchronization, scheduling. 3.communication manager=komunikasi antar thread(pada proses yg berbeda dan pada proses komputer yg berbeda). 4.memory manager=mengatur memori fisikdan memori virtual. 5.pengawas(supervisor)=


FUNGSI MANAJEMEN MEMORi=1.mengelola informasi memori yang dipakai dan tidak dipakai, 2.mengalokasikan memori ke proses yang memerlukan, 3.mendealokasikan memori dari proses telah selesai, 4. mengelola swapping antar memori utama dan disk(Swapping adalah pemindahan proses dari memori utama ke disk dan sebaliknya)

Berdasarkan keberadaan swapping terbagi menjadi 2:

1. Manajemen dengan swapping, yaitu manajemen
memori tanpa pemindahan citra/gambaran proses
antara memori utama dan disk selama eksekusi.

2. Manajemen tanpa swapping, yaitu manajemen
memori dengan pemindahan citra/gambaran proses
antara memori utama dan disk selama eksekusi.
Manajemen Memori Berdasarkan Alokasi Memori

1. Alokasi memori berurutan (kontinyu)
Tiap proses menempati satu blok tunggal lokasi memori
yang berurutan.

Keunggulan:
• Sederhana
• tidak akan terbentuk lubang-lubang (rongga)
memori bersebaran.
• Karena berurutan, proses dapat dieksekusi dengan
cepat.

Kelemahannya:
• dapat memboroskan Memori
• tidak dapat memuatkan proses bila tidak ada satu
blok memori yang mencukupi.

2. Alokasi memori tak berurutan (non kontinyu)
Program dibagi menjadi beberapa blok atau segmen. Blokblok
program ditempatkan di memori dalam potonganpotongan
tanpa perlu saling berdekatan.
Teknik ini biasa digunakan pada sistem memori maya
sebagai alokasi page-page dilakukan secara global.

Keuntungan:
•sistem dapat memanfaatkan memori utama secara
lebih efisien
•Sistem operasi masih mampu memuatkan proses bila
jumlah total lubang-lubang memori cukup untuk
memuat proses yang akan dieksekusi

Kelemahan:
•Memerlukan pengendalian yang lebih rumit dan sulit
•Memori dapat menjadi banyak lubang tersebar
(memori tak terpakai bertebaran)

3. MANAJEMEN MEMORI TANPA SWAPPING
 Manajemen memori tanpa spapping, terdiri dari:

1. Monoprogramming, sistem komputer hanya
mengijinkan satu program/pemakai berjalan pada
satu waktu.

2. Multiprogramming dengan pemartisian statis,
membagi memori menjadi sejumlah partisi tetap,
pada partisi-partisi tersebut proses-proses
ditempatkan.

3.1Monoprogramming
Ciri-cirinya:
Hanya satu proses pada satu alat
Hanya satu proses menggunakan semua memori
Pemakai memuatkan program ke seluruh memori dari
disk atau tape
Program mengambil kendali seluruh sistem
Karena hanya terdapat satu proses dan menguasai seluruh
sistem, maka alokasi memori dilakukan secara berurutan.
Teknik monoprogramming masih dipakai untuk sistem kecil
yaitu sistem tempelan (embededded-system) yang
menempel atau terdapat di sistem lain.
Sistem operasi harus diproteksi dari modifikasi program
pemakai dengan cara memproteksi rutin sistem operasi.
Proteksi ini diimplementasikan menggunakan satu register
batas (boundary register) di pemroses.

3.2Multiprogramming dengan Pemartisian Statis
Beberapa alasan mengapa multiprogramming digunakan:
Mempermudah pemrogram
Agar dapat memberikan layanan interaktif ke beberapa
orang secara simultan
Efisiensi penggunaan sumber daya
Eksekusi lebih murah jika proses besar dipecah menjadi
beberapa proses kecil
Dapat mengerjakan sejumlah job secara simultan
Kelemahannya:
Bila program ukuran lebih besar dibanding partisi yang
tersedia maka tidak dapat dimuatkan, tidak dapat
dijalankan.
Untuk program yang sangat kecil dibanding ukuran
partisi yang ditetapkan, maka banyak ruang yang tidak
dipakai yang diboroskan, disebut fragmentasi internal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar